5 Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Anda Coba - Kota Gandrung

Thursday, February 20, 2020

5 Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Anda Coba

Berlibur ke tempat-tempat wisata alam di Banyuwangi memang mengasyikkan. Tapi sepertinya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas Banyuwangi yang enak dan unik.

Ada banyak jenis makanan khas yang bisa Anda coba selama berwisata di Banyuwangi. Apa saja? Berikut ini ada 5 makanan khas yang bisa Anda coba.

1. Rujak Soto
rujak-soto-banyuwangi
Rujak Soto via nininzandrea
Dilihat dari namanya orang pasti sudah banyak yang tahu dua jenis makanan tersebut. Namun bagaimana jika dua makanan tersebut dipadu menjadi satu.

Rujak sayur yang berisi rebusan kangkung, kacang panjang, kubis, tahu dan tempe yang dipotong-potong, dilengkapi dengan bumbu kacangnya. Kemudian disiram dengan kuah soto lengkap dengan irisan daging dan babat.

Dua cita rasa yang menjadi satu ini menciptakan cita rasa baru yang enak. Bagaimana rasanya? Silahkan coba sendiri!

2. Sego Tempong
sego-tempong-banyuwangi
Sego Tempong via hobimakan
Makanan dari daerah Jawa Timur memang telah dikenal dengan cita rasa khas pedasnya. Maka tak heran jika kuliner satu ini juga menjadi incaran para pecinta makanan pedas.

Sesuai dengan namanya "Tempong" yang berarti "tampar". Saat Anda menikmati makanan ini, berasa seperti orang yang ditampar karena pedasnya.

Asal mulanya dulu Sego Tempong adalah bekal untuk para petani yang berkerja di sawah. Namun lama kelamaan makanan khas ini banyak dijual di warung-warung.

Baca Juga:  Kunjungi Sentra Kuliner Baru Masakan Khas Tionghoa di Pecinan Street Food

3. Pecel Pitik
pecel-pitik-banyuwangi
Pecel Pitik via banyuwangikab
Makanan ini berupa ayam kampung yang disuwir-suwir kemudian diurap dengan bumbu dan parutan kelapa. Dan disajikan dengan daun pisang yang dapat menambah selera makan.

Biasanya pecel pitik hanya disajikan hanya untuk acara tertentu seperti acara adat atau selamatan desa. Karena itulah 1 porsi makanan ini selalu berisi 1 potong ayam yang cukup untuk sekitar 4-6 orang.

4. Sego Cawuk
sego-cawuk-banyuwangi
Sego Cawuk via isunbanyuwangi
Jika bosan dengan sarapan di tempat Anda menginap, maka tidak ada salahnya Anda keluar untuk mencoba makanan ini sambil menikmati hiruk pikuk Kota Banyuwangi di pagi hari.

Ciri khas kuliner ini terletak pada kuahnya yaitu kuah pindang dan kuah trancam (kelapa parut). Perpaduan rasa gurih dan manis ini pasti akan menggugah selera.

5. Pecel Rawon
pecel-rawon-banyuwangi
Pecel Rawon via banyuwangikab
Perpaduan antara dua makanan yang menghasilkan cita rasa yang baru. Namun bukan asal dicampur, tapi ada urutan penyajian dan resep tersendiri agar rasanya dapat menyatu.

Seperti menyantap nasi pecel dan nasi rawon dalam satu piring. Masih bida ditambah dengan tambahan lauk seperti empal sapi, paru goreng, udang goreng, dll.

Itulah makanan khas Banyuwangi yang bisa Anda coba saat berlibur ke daerah yang juga dikenal dengan sebutan The Sunrise of Java. Tapi bukan berarti hanya ada lima itu saja. Kuliner khas yang lain akan kita bahas di artikel selanjutnya.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda