BKSAP DPR RI Kunjungi Pantai Bangsring - Kota Gandrung

Tuesday, March 1, 2016

BKSAP DPR RI Kunjungi Pantai Bangsring


Senin kemaren (1/3), Pantai Bangsring dikunjungi oleh Panitia Kerja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dari Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. Menurut salah satu anggota BKSAP, keberadaan Bangsring Underwaterpatut diapresiasi. "Saya kira, tempat ini potensial. Mengelola alam sebagai destinasi wisata," ungkap Sareh Wiyono, salah satu anggota BKSAP.

Pengembangan Pantai Bangsring ini mengedepankan pelestarian alam. Hal ini bermula dari rusaknya terumbu karang karena bom oleh para nelayan pencari ikan. Kemudian sejumlah nelayan yang sadar akan kondisi tersebut tergerak untuk melestarikan terumbu karang di kawasan Pantai Bangsring. Mengusung nama Bangsring Underwater, mereka mulai melakukan kegiatan pelestarian lingkungan.

Hingga saat ini, Bangsring Underwater pun mengalami perkembangan dengan menambah berbagai fasilitas. Mulai dari rumah apung, keramba ikan, kano, warung, parkir, hingga kamar mandi sudah tersedia di pantai tersebut.

Kembali menurut Sareh Wiyono, pola pengembangan pariwisata di Banyuwangi pada umumnya sudah sesuai dengan konsep SDGs. "Keterlibatan masyarakat secara langsung dan mengedepankan pelestarian lingkungan ini penting. Sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan," ungkapnya.








Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda