Tingkatkan Pelayanan Wisata, Kementrian Pariwisata Selenggarakan Bimtek di Banyuwangi - Kota Gandrung

Thursday, February 25, 2016

Tingkatkan Pelayanan Wisata, Kementrian Pariwisata Selenggarakan Bimtek di Banyuwangi


Pariwisata menjadi sektor penting dalam pembangunan di Kabupaten Banyuwangi. Keanekaragaman budaya dan kekayaan alam telah terbukti dikelola dengan baik hingga banyak prestasi yang telah diraih oleh Pemkab Banyuwangi. Termasuk perhargaan dari UN-WTO (United Nation World Tourism Organization) yang baru saja diraih. Oleh karena itu Banyuwangi pun dijadikan tempat menimba ilmu tentang bagaimana memajukan pariwisata oleh Kabupaten-kabupaten lain.

Potensi besar yang dimiliki Banyuwangi ini membuat Banyuwangi layak mendapatkan pelatihan Pengelolaan Wisata Tradisi dan Seni Budaya, demikian seperti yang telah disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Tradisi dan Seni Budaya Kemenpar, Anna Budiarti. “Kami menilai potensi seni budaya Banyuwangi itu luar biasa. Potensi itu akan semakin melejit jika dikemas dengan baik. Karena itu kami sengaja melibatkan kepala-kepala adat, sanggar-sanggar, para seniman, budayawan dan stakeholder terkait,” ungkap Anna.

Bimtek tersebut dilaksanakan pada hari Rabo tanggal 24 Februari  hingga 26 Februari 2016 di Hotel Ketapang Indah. Mengangkat tema Pengelolaan Wisata dan Seni Budaya. Dan pada hari Kamis  tanggal 25 Februari hingga 26 Februari 2016 di Hotel Berlian Indah yang berisi Pelatihan Lifeguard.

Peserta bimtek adalah para pelaku wisata yang berada di Banyuwangi yang ramai dikunjungi wisatawan. Diantaranya dari Bangsring Boat, Wisata Pantai Boom, Waduk Sidodadi, Bangsring Underwater, Kali Badeng, Kali Bunder, Mustika Pancer, Teluk Banyu Biru, dan Wisata Mangrove Bedul.

Mereka diberi pelatihan oleh para narasumber berkompeten. Dua diantaranya berasal dari Kota Banyuwangi dan dua lagi dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan trainer dari Inspire Travel and Tourism Learning Center.

Kegiatan kali ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan objek wisata Banyuwangi dan khususnya kemampuan lifeguard dalam melakukan penyelamatan dengan cepat dan tepat. Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke banyuwangi lebih terjamin keselamatannya.






Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda