Sego Tempong - Kota Gandrung

Tuesday, October 27, 2015

Sego Tempong

Sensasi Pedasnya Sego Tempong Seperti Ditempeleng



Wisata kuliner dengan cita rasa pedas, maka pasti akan tertuju pada makanan satu ini. Sego tempong, nama yang diambil lantaran karena orang yang merasakan pedasnya seolah ditempong (ditampar atau ditempeleng). 

Tidak sulit untuk menemukan warung yang menjual Sego Tempong karena buka mulai pagi hingga malam hari. Dan hampir di setiap sudut kota terdapat warung yang menyediakan sajian kuliner tersebut. Namun butuh kecermatan untuk menemukan warung Sego Tempong yang paling nikmat.

Sego Tempong terdiri dari nasi putih dengan lauk tempe, tahu, dadar jagung, ikan asin, dan sambelnya yang terkenal pedas. Dilengkapi dengan sayuran rebus berupa daun singkong, terong, daun pepaya, seladah, dan ditambah dengan daun kemangi segar dan irisan ketimun.




Yang menjadi istimewa adalah sambalnya, karena diracik khusus menggunakan bahan-bahan mentah. Jika sambal pada umumnya menggunakan tomat yang berbentuk bulat, berbeda dengan sambal tempong karena menggunakan tomat ranti yang bentuknya bulat bergelombang.

Selain itu tersedia pula pilihan jika ingin menambah lauk pauk seperti ayam goreng, empal, jeroan, pepes, telor, lele, dll. Untuk menikmati kuliner sego tempong pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup dengan harga yang tidak sampai dua puluh ribu sudah lengkap dengan minumannya. 







Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda